slider_top

[6] [recent] [slider-top-big] [Technology]
You are here: Home / Kelas Inspirasi Surabaya (KIS) Fair 2013

Kelas Inspirasi Surabaya (KIS) Fair 2013

| No comment
Hari Kamis malam, 27 Maret 2013 BSO-IECC ITS Mengajar berkunjung di sebuah event Kelas Inspirasi bentukan Indonesia Mengajar di Grand City, Surabaya. KIS Fair itu sendiri digelar pada  tanggal 25-31 Maret 2013 di Atrium Grand City Mall Surabaya. Serangkaian acara dari KIS Fair adalah pameran foto dan sejumlah talk show, yang dihadiri oleh Anis Baswedan - Rektor Univ Paramadina Jakarta, dan sejumlah pejabat yang terkait dari Pemkot Surabaya. Salah satu elemen BSO-IECC ikut serta menjadi panitia dan terjun langsung di event ini, yaitu Muhammad Faris Afif Sukin selaku Direktur BSO-IECC 2011/2012.

Pada malam itu acara yang sedang berlangsung adalah talkshow dari seorang Dokter Muda yang pernah menjadi volunteer di Kelas Inpirasi Indonesia Mengajar. Selain itu, disana kami bertemu dan saling bertukar cerita dengan para pengajar dari Universitas lain yaitu Universitas Airlangga. Banyak orang-orang hebat yang begitu peduli dengan Pendidikan di Indonesia yang kami temui disana. Karena kunjungan BO-IECC ITS Mengajar berkunjung di event ini adalah saling berbagi inspirasi dengan para pemerhati Pendidikan Indonesia.

BSO-IECC ITS Mengajar foto bersama dengan Unair Mengajar


TENTANG KELAS INSPIRASI


Indonesia Mengajar mengundang para profesional yang sukses karena pendidikan untuk turun tangan berbagi cerita dan pengalaman kerja selama sehari di Hari Inspirasi. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekedar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antara profesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD negeri sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan SD-SD di Jakarta, khususnya SD Negeri. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.


"Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka."