slider_top

[6] [recent] [slider-top-big] [Technology]
You are here: Home / Indonesia : sistem pendidikan terburuk di dunia?

Indonesia : sistem pendidikan terburuk di dunia?

| 2 Comments
101 East melakukan penyelidikan mengapa sistem pendidikan di Indonesia salah satu yang terburuk di dunia.
mereka : harapan bangsa di masa mendatang.
      Indonesia baru-baru ini menempati peringkat terakhir mengenai sistem pendidikannya. Dalam sebuah laporan pendidikan yang meliputi  tes keaksaraan, kelulusan dan tolak ukur lainnya di 50 negara. Sistem pengajaran yang buruk serta korupsi menyebabkan sistem pendidikan indonesia mengalami kendala.
      Sistem pendidikan yang buruk dapat terlihat pada pola mendidiknya yang lebih menekankan metode menghafal daripada berfikir kreatif.  Ahli pendidikan mengatakan bahwa  tidak lebih dari setengah guru di Indonesia yang memiliki kualifikasi untuk mengajar, ditambah lagi ketidakhadiran guru dalam kelas sekitar 20%. Banyak guru yang menambah pendapatan mereka dengan melakukan kerja sampingan.
      Korupsi juga marak di sekolah-sekolah maupun di universitas. Orang tua banyak yang harus membayar suap agar anak-anknya dapat diterima di sekolah yang diinginkan ataupun agar anak mereka bisa lulus ujian. Sementara itu, jutaan dolar bantuan asing dituangkan ke dalam sistem pendidikan negara. Dan beberapa pengamat internasional menanyakan mengapa Indonesia masih mengandalkan pendanaan eksternal untuk pembangunan sekolah mengingat Indonsia telah terdaftar sebagai negara berpenghasilan menengah oleh Bank Dunia.
      Indonesia harus bangkit, karena negera maju adalah negara yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pendidikan merupakan salah satu langkah yang menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara maju. Oleh karena itu berbagai pihak yang meliputi pemerintah, mahasiswa, serta masyarakat harus turut serta dalam memperbaiki pendidikan di negeri ini. Dalam konteks ini kita dapat melihat bahwa salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia ialah mengenai  sistem.nya. Dari spesifikasi permasalahan yang ada, sehingga kita dapat langsung menuju titik permasalahan tersebut. Mahasiswa, sebagai agen perubahan sudah selayaknya memberikan kontribusi dalam pendidikan tanah air. IECC for Teacher menjadi satu langkah nyata ITS Education Care Center (IECC) BEM ITS untuk meningkatkan kualifikasi guru di Indonesia. Pelatihan berjenjang yang diadakan oleh IECC ini meliputi pelatihan IT, pelatihan mengajar dengan story telling, serta pengajaran kreatif. Kedepan, Harapannya akan semakin banyak orang-orang yang tanggap dan memberikan tindakan nyata mengenai permasalahan pendidikan di Indonesia.
sumber : www.aljazeera.com