slider_top

[6] [recent] [slider-top-big] [Technology]
You are here: Home / IECC BEM ITS Rintis Kebangkitan Pendidikan

IECC BEM ITS Rintis Kebangkitan Pendidikan

| 1 Comment

Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Rabu (2/5). BEM ITS melalui Badan Semi Otonom (BSO) ITSEducation Care Center (IECC) menggelar kegiatan bertajuk Donasi Melintas.
Kampus ITS, ITS Online - ''Sebenarnya Donasi Melintas hanyalah bagian dari sub agenda ITS Mengajar, yakni IECC Scholarship,'' terang Muhammad Faris Afif Sukin, Direktur BSO IECC. Di kegiatan ini, IECC melancarkan aksi menggalang dana ke setiap jurusan di ITS. Faris mengungkapkan, nantinya dana yang terkumpul akan digunakan untuk beasiswa adik-adik Sekolah Dasar (SD) yang kurang mampu.

Cara yang dilakukan panitia untuk menggalang dana bisa dibilang cukup ulet. Mereka menodong satu per satu mahasiswa di setiap jurusan. Tak jarang, panitia harus melayani dan menjawab pertanyaan soal penggalangan dana yang dilakukan. ''Uang yang terkumpul itu untuk biaya pendidikan anak-anak kurang mampu, seperti biaya les dan perlengkapan sekolah,'' jawab salah satu panitia dengan lugas.

Selain itu, Faris juga menyebutkan, aksi ini dilaksanakan demi meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Oleh karena itu, momen Hardiknas ini dijadikan IECC BEM ITS sebagai momen jemput bola. Namun demikian, diakui mahasiswa Teknik Elektro ini bahwa kegiatan ini membutuhkan cukup banyak bantuan, terutama sokongan dana.

''Target kami Rp 5 juta. Namun, yang baru turun hanya sekitar Rp 2,5 juta dari birokrat,'' tuturnya seakan menjadi antiklimaks. Lebih lanjut, ia juga mengutarakan bahwa IECC BEM ITS baru menargetkan Keluarga Mahasiswa (KM) ITS, alumni, dan para donatur saja untuk dapat menjalankan program ini. Padahal kegiatan ini diproyeksikan akan menjadi titik awal kebangkitan pendidikan di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

IECC sebagai BSO Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS sedikitnya  memiliki lima agenda sosial. Diantaranya IECC for Teacher, IECC Scholarship, IECC Goes To Ujian Nasional, IECC for Indonesia, dan Surabaya Goes To School.

Ke depan, IECC juga akan mengadakan IECC for Teacher yang merupakan pelatihan mengajar kreatif bagi para pengajar. ''Tujuannya tidak lain adalah agar para siswa menjadi tidak bosan saat belajar di kelas,'' jelas Faris santai. Untuk IECC for Indonesia, akan dilakukan pembinaan pada satu desa tertinggal dengan tujuan memperbaiki kualitas SDM terutama pada dari segi pendidikan. (man/fz)
Sumber artikel: www.its.ac.id