slider_top

[6] [recent] [slider-top-big] [Technology]

Profile


Badan Semi Otonom 
ITS Education Care Center (IECC)
BEM ITS 
2013/2014

1.   Pendahuluan

"Pendidikan adalah salah satu faktor yang menentukan maju mundurnya kehidupan masyarakat bangsa."
-M.Natsir-

Perwujudan pembangunan  manusia  tampak dari perkembangan dunia pendidikan. Kemerdekaan di bidang pendidikan akan melahirkan orang-orang yang  memiliki kompetensi tinggi untuk mengangkat derajat bangsanya. Kemajuan pendidikan dan teknologi membuat negara-negara barat dapat mencapai kesejahteraan. Kesejahteraan mereka dimulai dengan lahirnya engineer, ekonom, politisi, ilmuwan, praktisi hukum, pengusaha, dan masyarakat yang cerdas sebagai buah dari pendidikan yang layak.

Realita di masyarakat menunjukkan pendidikan masih belum dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Keadaan ekonomi yang ada di masyarakat menyebabkan keluarga-keluarga yang kurang mampu terpaksa harus mengesampingkan masalah pendidikan bagi anak-anak mereka demi terpenuhinya kebutuhan kehidupan sehari-hari. Fenomena di atas dapat dilihat pada masyarakat di sekitar kampus ITS, misalnya Keputih, Mulyosari dan Kenjeran.

Melihat kondisi tersebut, terbentuklah Badan Semi Otonom IECC (ITS Education Care Center) BEM ITS yang merupakan organisasi sosial bagian dari BEM ITS dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, bermaksud untuk membantu pendidikan anak-anak di lingkungan sekitar kampus ITS yang kurang mampu bersekolah atau minimal turut serta mensukseskan program wajib belajar 9 tahun.
  
2. Deskripsi tugas BSO IECC (ITS Education Care Center
Ø  Merupakan badan bentukan BEM ITS yang menangani masalah spesifik.
Ø  Berhak mengatur rumah tangganya sendiri.
Ø  Berhak menentukan kebijakan umum atas seizing Presiden
Ø  Membuat laporan perjalanan Badan Semi Otonom selama satu periode kepengurusan.
Ø  Bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

3. SWOT awal BSO IECC
a. Strength
Organisasi formal dalam Ormawa ITS.
Berhak menentukan kebijakan rumah tangganya sendiri.
Memiliki struktur organisasi yang terorganisir dengan baik dan jelas
Mempunyai visi dan misi.
b. Weakness
Batasan wilayah kerja sekitar kampus yang kurang jelas dapat menghambat kinerja.
Masih sedikitnya SDM yang ada sehingga menghambat kinerja IECC.
c. Opportunity
Potensi civitas akademika ITS baik mahasiswa, dosen, dan karyawan yang besar dan berkualitas.
Memiliki nama dan pencitraan positif dalam lingkungan akademisi ITS dan masyarakat.
Berpotensi untuk mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sosial masyarakat di sekitarnya.
Banyaknya sekolah sekitar kampus yang membutuhkan bantuan.
Terjalinnya kerjasama donatur baik dari internal maupun eksternal ITS.
Banyaknya anak didik yang membutuhkan bantuan.
d. Treath
Masih sedikitnya public yang mengenal keberadaan IECC.
Kerjasama dengan organisasi di luar yang tidak kondusif dapat menimbulkan persaingan yang kurang baik.
Kesalahan persepsi orang tua anak didik dapat menjadi hambatan kinerja IECC.
Hubungan kerjasama yang masih kurang dengan pihak-pihak terkait.

4.  Nilai strategis BSO IECC

  1. Meningkatkan kepedulian mahasiswa baik pengajar,oc dan donatur
  2. Mempublikasikan gerakan its mengajar dan iecc semakin ekspansif dan eksploratif
  3. Mewujudkan event gerakan pendidikan bersama sesurabaya
  4. Merangkul seluruh elemen km its
VIDEO PROFIL BSO-IECC