Badan Semi Otonom
ITS Education Care Center (IECC)
BEM ITS
2013/2014
1. Pendahuluan
"Pendidikan adalah
salah satu faktor yang menentukan maju mundurnya kehidupan masyarakat bangsa."
-M.Natsir-
Perwujudan pembangunan manusia
tampak dari perkembangan dunia pendidikan. Kemerdekaan di bidang pendidikan
akan melahirkan orang-orang yang
memiliki kompetensi tinggi untuk mengangkat derajat bangsanya. Kemajuan
pendidikan dan teknologi membuat negara-negara barat dapat mencapai
kesejahteraan. Kesejahteraan mereka dimulai dengan lahirnya engineer, ekonom,
politisi, ilmuwan, praktisi hukum, pengusaha, dan masyarakat yang cerdas
sebagai buah dari pendidikan yang layak.
Realita di masyarakat menunjukkan pendidikan masih belum dapat
dirasakan seluruh lapisan masyarakat. Keadaan ekonomi yang ada di masyarakat
menyebabkan keluarga-keluarga yang kurang mampu terpaksa harus mengesampingkan
masalah pendidikan bagi anak-anak mereka demi terpenuhinya kebutuhan kehidupan
sehari-hari. Fenomena di atas dapat dilihat pada masyarakat di sekitar kampus
ITS, misalnya Keputih, Mulyosari dan Kenjeran.
Melihat kondisi tersebut,
terbentuklah Badan Semi Otonom IECC (ITS Education Care Center) BEM ITS yang
merupakan organisasi sosial bagian dari BEM ITS dengan fokus pergerakan di
bidang pendidikan, bermaksud untuk membantu pendidikan anak-anak di lingkungan
sekitar kampus ITS yang kurang mampu bersekolah atau minimal turut serta
mensukseskan program wajib belajar 9 tahun.
2. Deskripsi tugas BSO IECC (ITS
Education Care Center
Ø Merupakan badan bentukan BEM ITS
yang menangani masalah spesifik.
Ø Berhak mengatur rumah tangganya
sendiri.
Ø Berhak menentukan kebijakan umum
atas seizing Presiden
Ø Membuat laporan perjalanan Badan
Semi Otonom selama satu periode kepengurusan.
Ø Bertanggung jawab langsung kepada
Presiden.
3. SWOT awal BSO IECC
a. Strength
Organisasi
formal dalam Ormawa ITS.
Berhak menentukan kebijakan rumah tangganya sendiri.
Memiliki struktur organisasi yang terorganisir dengan baik dan jelas
Berhak menentukan kebijakan rumah tangganya sendiri.
Memiliki struktur organisasi yang terorganisir dengan baik dan jelas
Mempunyai
visi dan misi.
b. Weakness
Batasan
wilayah kerja sekitar kampus yang kurang jelas dapat menghambat kinerja.
Masih sedikitnya SDM yang ada sehingga menghambat kinerja IECC.
Masih sedikitnya SDM yang ada sehingga menghambat kinerja IECC.
c.
Opportunity
Potensi
civitas akademika ITS baik mahasiswa, dosen, dan karyawan yang besar dan
berkualitas.
Memiliki nama dan pencitraan positif dalam lingkungan akademisi ITS dan masyarakat.
Berpotensi untuk mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sosial masyarakat di sekitarnya.
Memiliki nama dan pencitraan positif dalam lingkungan akademisi ITS dan masyarakat.
Berpotensi untuk mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sosial masyarakat di sekitarnya.
Banyaknya
sekolah sekitar kampus yang membutuhkan bantuan.
Terjalinnya kerjasama donatur baik dari internal maupun eksternal ITS.
Banyaknya anak didik yang membutuhkan bantuan.
Terjalinnya kerjasama donatur baik dari internal maupun eksternal ITS.
Banyaknya anak didik yang membutuhkan bantuan.
d. Treath
Masih sedikitnya public yang mengenal keberadaan IECC.
Kerjasama dengan organisasi di luar yang tidak kondusif
dapat menimbulkan persaingan yang kurang baik.
Kesalahan persepsi orang tua anak didik dapat menjadi
hambatan kinerja IECC.
Hubungan kerjasama yang masih kurang dengan pihak-pihak
terkait.
4. Nilai strategis BSO IECC
- Meningkatkan kepedulian mahasiswa baik pengajar,oc dan donatur
- Mempublikasikan gerakan its mengajar dan iecc semakin ekspansif dan eksploratif
- Mewujudkan event gerakan pendidikan bersama sesurabaya
- Merangkul seluruh elemen km its
VIDEO PROFIL BSO-IECC